Menginstal Powerline pada Terminal Fedora Linux

2016/06/15 |

Powerline adalah plugin untuk statusline untuk vim, dan menyediakan statusline dan prompts untuk beberapa aplikasi lainnya, termasuk zsh, bash, tmux, IPython, Awesome, i3, dan Qtile.
diterjemahkan secara bebas oleh penulis dari https://github.com/powerline/powerline 

#! Pendahuluan
Dalam keseharian saya menggunakan Linux tentunya saya tidak akan pernah bisa lepas menggunakan Terminal. Oleh karena itu saya berusaha untuk membuat aktifitas pada Terminal saya menjadi menarik (bagi saya) dan terlihat menarik (bagi orang lain yang melihat).

Beberapa tahun yang lalu, saya mempelajari Web Developing dan menemukan hal yang menarik dari Terminal yang digunakan oleh Tutor. Akhirnya saya tahu kalau beliau menggunakan semacam plugin yang disebut Powerline.

Yang saya suka dari tampilan Powerline ini adalah “Breadcums” nya itu, hehe yang membuat tampilan Terminal menjadi lebih simple dan mudah dipahami.

Selain dengan Powerline, saya juga memadukannya dengan zsh shell. Zsh adalah salah satu jenis Shell di Linux selain bash shell. Menurut saya zsh lebih mudah dalam hal pemakaian dan sangat mempercepat proses penulisan di Terminal.

#! Info
Dalam tutorial ini saya memberikan 2 pilihan cara / 2 cara untuk meng-install powerline pada sistem anda. Cara pertama adalah cara manual, yaitu dengan menginstalasi setiap komponen yang dibutuhkan oleh powerline. Cara yang kedua dengan menggunakan repositori resmi dari Fedora.

Mengapa saya menyediakan 2 cara untuk menginstalasi powerline ? Pertama, karena sebelum powerline masuk ke dalam repositoti resmi Fedora, saya sudah terlebih dahulu menginstal ke sistem saya menggunakan cara manual yang saya dapat dari tutorial askubuntu. Dan sampai saat ini, saya masih menggunakan cara manual. Kedua, selalu ada plan B. Hahaha.

#! Step by Step (Manual)
  1. Instal python-pip git dan zsh . Buka Terminal dan copy paste kode di bawah ini,
  2. su -c 'pip install git+git://github.com/Lokaltog/powerline'
  1. Instal font pendukung powerline,
  2. wget https://github.com/Lokaltog/powerline/raw/develop/font/PowerlineSymbols.otf https://github.com/Lokaltog/powerline/raw/develop/font/10-powerline-symbols.conf
    sudo mv PowerlineSymbols.otf /usr/share/fonts/
    sudo mv 10-powerline-symbols.conf /etc/fonts/conf.d/
    sudo fc-cache -vf
    Pada baris prompt ke-4 ini akan melakukan update font cahce, tunggu proses hingga selesai, lamanya update font cache tergantung dari banyaknya font yang anda miliki.

  1. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Powerline dengan Terminal, bash shell, zsh shell, vim, dan tmux. Anda tidak harus menggunakan semuanya, cukup gunakan sesuai dengan yang anda pakai saja. Namun apabila ingin menggunakan semuanya, itu pilihan anda. Kalau saya, saya menggunakan semuanya. Hahahaha.
BASH Prompt Shell
Tambahkan script di bawah pada ~/.bashrc
if [ -f /usr/lib/python2.7/site-packages/powerline/bindings/bash/powerline.sh ]; then
     source /usr/lib/python2.7/site-packages/powerline/bindings/bash/powerline.sh
fi

ZSH Prompt Shell
Tambahkan script di bawah pada ~/.zhrc
if [[ -r /usr/lib/python2.7/site-packages/powerline/bindings/zsh/powerline.zsh ]]; then
     source /usr/lib/python2.7/site-packages/powerline/bindings/zsh/powerline.zsh
fi

Vim Statusline
Tambahkan script di bawah pada ~/.vimrc
" Powerline
set rtp+=/usr/lib/python2.7/site-packages/powerline/bindings/vim/

" Always show statusline
set laststatus=2

" Use 256 colours (Use this setting only if your terminal supports 256 colours)
set t_Co=256

#! Step by Step (Fedora Repository)
BASH Prompt Shell
  1. Buka Terminal dan Copy Paste kode di bawah ini,
  2. sudo dnf install powerline
  1. Tambahkan script di bawah pada ~/.bashrc
  2. if [ -f `which powerline-daemon` ]; then     powerline-daemon -q     POWERLINE_BASH_CONTINUATION=1     POWERLINE_BASH_SELECT=1     . /usr/share/powerline/bash/powerline.sh fi

TMUX Prompt Shell
  1. Buka Terminal dan ketik kode di bawah,
  2. sudo dnf install powerline
  1. Tambahkan script di bawah pada ~/.tmux.conf
  2. source "/usr/share/tmux/powerline.conf"

Vim Statusline
  1. Buka Terminal dan ketik kode di bawah,
  2. sudo dnf install vim-plugin-powerline
  1. Tambahkan script di bawah pada ~/.vimrc
  2. python from powerline.vim import setup as powerline_setup python powerline_setup() python del powerline_setup set laststatus=2 set t_Co=256

#! Kesimpulan
Saya menuliskan 2 cara untuk menginstal powerline agar pembaca dapat memiliki alternatif apabila cara yang satu gagal, dan dapat menggunakan cara yang lain.

Saya sudah mencoba kedua cara di atas. Cara manual juga dapat anda aplikasikan pada distribusi sistem operasi Linux yang lain. Saya sudah mencobanya pada Manjaro Linux & Debian. Tentunya dengan memodifikasi path (alamat) dimana powerline di-install pada direktori python di sistem anda.

#! Daftar Referensi
  1. AskUbuntu.com | How can I install and use powerline plugin?
    [dateaccessed:12/07/2016]
  2. FedoraMagazine.org | Add power to your terminal with powerline
    [dateaccessed:12/07/2016]